Bawean, Pulau Putri yang Masih Perawan

Saat pertama kali menginjakkan kaki di Pulau Bawean, sebuah pulau dalam wilayah administrative Kabupaten Gresik Jawa Timur, hatiku langsung terpaut.  Pengen dating dan datang lagi. Beruntungnya pekerjaanku mengharuskan selalu Ke Bawean secara rutin. Sebutan pulau Putri ini disematkan karena pulau ini sebagian besar penduduknya perempuan, penduduk laki-laki banyak yang merantau ke luar negeri. Meski kadang malas dengan perjalanannya yang panjang dan sangat tergantung pada cuaca. Jika memasuki musim hujan, cuaca dan angin sering tidak mendukung karena tinggi ombak tidak memungkinkan kapal berangkat. Saat gelombang maksimum diperbolehkannya kapal berangkat maka harus menyiapkan antimo untuk menahan perut mual dan kepala berputar-putar.  

Transportasi ke Pulau Bawean

 Berjarak sekitar 153 KM dari Kota Gresik, perjalanan  ke Pulau Bawean dapat ditempuh dengan berbagai cara. Yang pasti tidak adaperjalanan darat ya…hehe. Dan jangan membayangkan ada jembatan laying seperti Suramadu. Perjalanan memakai kapal Cepat Ekspress Bahari sebagai satu-satunya kapal cepat menyeberang ke Bawean memakan waktu sekitar 4,5 jam. Seblumnya juga ada kapal Ekspres Natuna, namun kapal ini jarang beroperaasi terutama saat pandemic seperti ini. Jika mau santai, dapat menempuh perjalanan dengan Kapal Gili Iyang dari pelabuhan Paciran lamongan yang membutuhkan waktu sekitar 9-10 jam. Di kapal Gili Iyang ini Anda bisa sambil tiduran karena kapal berangkat jam 20.00 dan tiba pukul 13.00 siang. Jadwalpun bisa berubah menyesuaikan dengan kondisi ombak dan angin laut.  Nah jika mau lebih cepat dapat naik pesawat perintis Susi Air dari Bandara Juanda dan mendarat di Lapangan terbang Harun Thohir di kecamatan Tambak. Perjalanan menggunakan pesawat sekitar satu Jam dengan kapasitas penumpang Cuma 6 orang. Jadi kalau Anda memilih moda transportasi udara ini harus booking jauh hari sebelumnya.

 Tidak seperti transportasi pada umumnya, perjalanan ke Bawean ini tidak bisa dilakukan setiap hari karena kita harus mengikuti jadwal keberangkatan moda transportasi. Jadwal keberangkatan kapal Ekspres Bahari dari Gresik ke Bawean berangkat di hari Minggu, Selasa dan kamis, sebaliknya dari Bawean ke Gresik pada hari Sabtu, Senin dan Rabu, biasanya berangkat pukul 09.00 tapi bisa lebih pagi jika cuaca berubah. Kapal Gili Iyang dari Paciran ke Bawean pada hari  Rabu, Sabtu dan Senin sebaliknya dari Bawean hari Jumat, selasa dan Minggu. Pastikan anda benar-benar mengecek jadwal keberangkatan kapal seminggu sebelum berangkat.

Adapun Biaya perjalanan atau tiket kapal Ekspres Bahari Rp. 150.000 untuk kelas eksekutif dan Rp.180.000 untuk kelas VIP. Namun di masa pandemic ini biaya tiket naik menjadi 180.000 dan 250.000 karena kapasitas kapal sedikit. Untuk kapal Gili Iyang biaya tiket sebesar Rp. 75.000. Nah bagi Anda yang mau naik pesawat terbang dari bandara biaya tiket antara 250.000 -350.000

Nah apa saja yang dinikmati selama di Pulau Bawean? Sejak mendarat di pelabuhan Bawean, anda akan dimanjakan dengan panorama alam yang menawan dan asri, udara yang bersih dan penduduk yang ramah. Ada beberapa destinasi yang bisa menjadi pilihan selama anda di sana.

Pulau Gili Noko

Gili Noko adalah sebuah salah satu pulau kecil yang ada di Pulau Bawean. Pulau Gili ini dijangkau dengan menaiki perahu motor. Nah di sebelah pulau Gili yang berpenduduk 700 jiwa ini terdapat pulau kecil lagi bernama noko. Jika air laut surut kita dapat menikmati bentangan pasir putih yang sangat indah. Pulau Gili kita dapat menikmati matahari terbit dan tenggelam dengan panorama yang menakjubkan dari pulau Noko.

Sejak di ujung dermaga saat menuju kapal untuk menyeberang kita disuguhi pemandangan alam asri yang masih. Sepanjang perjalanan batu karang dan fauna laut dengan jelas terlihat di bawah air laut. Anda juga bisa menyelam untuk menikmati ikan-ikan aneka warna di sana.

Pantai Mombul

Mobul merupakan destinasi wisata yang relative baru di Pulau Bawean. Pantai yang awalnya takmenarik disulap menjadi sangat indah. Di area pantai ini kita bisa menikmati tebing pantai dengan taman yang indah. Dermaga kecil ke tengah laut dibangun agar pengunjung bisa menikmati pemandangan saat sutset dan sunrise. Pengunjung juga bisa memancing di tengah laut dengan suasana yang romatis.

Pantai Selayar

Pantai selayar terdapat di Dusun Taubat Desa Balik Terus kec.Sangkapura. Pantai ini masih sangat alami, baru akhir tahun 2020 dipermak lebih cantik agar menarik banyak pengunjung. Pulau Selayar merupakan pulau takberpenghuni dan menjadi latar depan pantai yang sangat mempesona. Akses ke pantai ini memang agak jauh dari jalan utama. Menuju dusun Taubat jalan setapak berbeton dengan hutan di samping kanan dan kiri, naik turun.

Pantai selayar dikelilingi pohon kelapa dan mangrove yang menghadirkan semilir angin terdapat berbagai spot foto yang telah dbangun oleh desa setempat untuk memanjakan pengunjung. Saat matahari tenggelam, pemdangan siluet sore dapat anda nikmati di antara perahu-perahu nelayan yang hendak berangkat. Jika pagi hari dan air dalam kondisi surut, anda bisa menyeberangi pantai menju pulau selayar yang hijau.   

Danau Kastoba

 Selain pantai pulau Bawean juga memiliki sebuah danau yang sangat indah namun berkesan mistis. Perjalanan menuju Danau Kastoba dari Sangkapura lumayan jauh. Dari jalan raya menuju ke lokasi menaiki jalana setapak yang menanjak. Medan yang tinggi dan sempit membuat nafas terkadang kembang kempis. Namun saat sampai di danau rasa lelah terbayar lunas.

Danau kastoba memiliki air jernih berwarna hijau, tenang seperti tak terganggu oleh angin. Di sekeliling danau pohon-pohon besar tumbuh dengan akar mejalar memberi kesan mistis. Lokasi danau yang jauh dari pemukiman membuat danau ini terasa sangat tenang. Di kalangan masayarakat Bawean danau Kastoba ini memiliki cerita mistis yang dipercayai secara turun temurun.

Sebenarnya masih banyak destinasi wisata alami yang bisa dikunjungi di Pulau Bawean yang tak kalah menariknya. Setiap sudut pulau Bawean sangat indah, dan keindahan itu menawarkan daya Tarik wisata yang tak ada habisnya.

Gresik, 10 Januari 2021

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: